Sekarang banyak ragam bisnis toko online di Indonesia. Iingat, ketika sudah memiliki toko online bukan berarti langsung meraup omzet miliaran. Supaya toko online yang didirikan dapat bertahan dan meraih sukses, perlu direncanakan keunggulan toko online yang akan dibangun. Selain itu, perlu mengetahui cara meningkatkan penjualan di toko online sehingga toko online benar-benar mendatangkan keuntungan.
Pahami delapan kiat dalam membangun toko online berikut ini:
1. Mengenal Konsumen
Sebelum mendirikan toko online, terlebih dahulu dapat mengenali konsumen yang akan menjadi target pasar. Mengenali konsumen untuk sasaran sangat penting bagi kelangsungan online shop yang akan dibangung. Konsumen yang akan menjadi sasaran yaitu anak-anak, anak-anak millennial atau kelompok konsumen dewasa.
Dengan mengenali sasaran, dapat menyuguhkan promosi atau design dan user experience yang sesuai dengan segmen pasar online shop Anda. Dengan memahami hal tersebut, tentu akan mampu meraih perhatian serta loyalitas pelanggan.
2. Memilih Produk yang Tren
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan yaitu menetapkan jenis barang akan ditawarkan di online shop. Sebaiknya selalu menyediakan produk yang sedang menjadi tren di pasar yang dituju. Contohnya, jika memiliki online shop baju perempuan, harus melihat baju wanita yang sedang menjadi trend setiap bulan dan memasukkannya ke online shop.
3. Membandingkan Harga
Membandingkan harga merupakan salah satu hal penting yang pelu dilaksanakan oleh toko online yang baru launching. Harga akan menjadi faktor utama yang menjadi penentu tingkat penjualan toko online. Jadi lebih baik kalau sebelum menentukan harga produk, perlu diketahui berapa harga produk di pasaran.
4. Waktu Unggah
Kenali waktu penting ketika orang akan mencari barang yang dimiliki. Maka, mengenal konsumen dan memilih jenis produk harus dipahami dahulu dalam meningkatkan penjualan di toko online. Selain itu, perhatikan layanan dan kemudahan untuk konsumen dalam membeli barang. Jangan sampai sehingga konsumen meninggalkan online shop karena proses pembelian berjalan lambat.
5. Promosi
Promosi merupakan salah satu hal mendasar yang harus dilakukan semua pelaku bisnis. Maka diperlukan budget untuk promo. Lakukan branding sebaik-baiknya walau toko masih kecil karena nanti akan berpengaruh apabila toko berkembang pesat.
Baca juga : Cara - cara Promosi untuk menungkatkan Penjualan
Baca juga : Cara - cara Promosi untuk menungkatkan Penjualan
6. Sistem Pembayaran
Buat sebuah sistem transaksi yang menguntungkan untuk pelanggan dan penjual. Konsumen harus merasa aman dan nyaman ketika bertransaksi supaya para konsumen nantinya akan kembali lagi di toko online yang dibangun. Jika tidak mampu melakukan hal tersebut, terdapat banyak jasa pembayaran online yang dapat digunakan.
Gunakan online banking maupun rekening pribadi atau rekening perusahaan untuk melakukan transaksi. Setelah pembayaran dilaksanakan, langsung lakukan konfirmasi ke konsumen supaya konsumen merasa nyaman dan aman.
7. Berikan Testimoni
Testimoni dapat meningkatkan angka penjualan di toko online. Biasakan untuk meminta testimoni dari konsumen yang puas dengan layanan yang diberikan dapat meyakinkan konsumen lain untuk percaya. Kepercayaan konsumen merupakan salah satu kunci utama sukses.
8. Memanfaatkan e-commerce marketplace
Meski sudah memiliki toko online sendiri, alangkah baiknya tetap memanfaatkan situs marketplace untuk menjual produk atau jasa yang dijual. Contoh situs marketplace yang tren sekarang ini Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan lain-lain. Situs ini dapat membantu dalam peningkatan penjualan.
Sumber : www.suara.com