Banyak orang yang menjual jasa / layanan ditawarkan melalui website. Karena barang yang dijual bukan wujud produk fisik. Maka akan menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis bidang jasa. Jadi, mari kita bahas 10 tips supaya sukses menjual jasa / layanan melalui web.
1. Menjual Profil Anda
Ketika menjual jasa atau layanan, maka profil di dunia industri merupakan portofolio terbaik. Tidak memadang apapun yang dijual dan calon pelanggan akan melihat Anda untuk pertama kali, kemudian tawarkan jasa / layanan. Jadi, citrakan diri sebaik-baiknya kualitas jasa / layanan yang akan dijual.
2. Manajemen Waktu sangat Penting
Waktu yang dimiliki sangat terbatas sekitar 8 sampai 9 jam sehari. Berbeda dengan penjualan produk fisik yang bisa disimpan dan dikirim sesuai permintaan. Anda hanya bisa menjual layanan selama 8 sampai 9 jam per hari serta harus memanfaatkan waktu tersebut secara penuh dan berkelanjutan tanpa jeda.
3. Mulailah dari Pasar Lokal
Jika menggunakan website, maka akan memasarkan jasa atau layanan ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Tapi untuk target pasar yang sebesar itu, Anda membutuhkan energi dan sumber daya yang luar biasa besar. Hal tersebut tidak banyak diketahui oleh kebanyakan pemberi layanan jasa. Mereka cenderung serakah pada awal menjual jasa atau layanan dengan menargetkan pasar seluruh Indonesia, namun dengan sumber daya yang terbatas. Maka besar kemungkinan hasilnya adalah kegagalan.
Pelayan jasa seharusnya dapat menargetkan pasar lokal terlebih dahulu. Orang-orang di sekitar Anda akan lebih percaya kepada produk yang Anda pasarkan dibandingkan dengan orang lain yang menjual jasa atau layanan serupa dari daerah lain, selain energi dan sumber daya yang dibutuhkan relatif ringan. Jika Anda sudah berhasil menguasai pasar lokal, Anda dapat melakukan perluasan wilayah dagang. Bahkan perluasan tersebut dapat merambah ke seluruh dunia.
4. Berikan Nilai Tambah
Cermati pesaing bisnis Anda. Jika Anda ingin produk Anda laku di pasaran dan bersaing, maka produk yang Anda jual harus memiliki nilai lebih. Kekurangan pesaing bisnis dapat Anda gunakan sebagai nilai tambah bagi Anda. Bisa juga Anda gunakan untuk meningkatkan nilai produk Anda di pasaran.
5. Akses Layanan yang Lebih Mudah
Hal yang perlu diperhatiakan oleh pelayan jasa adalah pastikan pelanggan dan calon pelanggan Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda. Anda bisa menampilkan nomor telepon / HP, alamat email, instant messenger, alamat rumah atau kantor lengkap, dan jam kerja atau waktu operasional Anda dalam melayani konsumen. Anda dapat menuliskan kontak Anda di setiap halaman website Anda agar mudah terlihat oleh konsumen Anda.
6. Terdaftar di Dunia Online
Jangan lupa, website Anda harus terdaftar di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing. Hal ini dibutuhkan karena sebagian besar pengguna internet akan menjumpai website Anda dari mesin pencari. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah, Anda dapat mendaftarkan website Anda di forum-forum, media sosial atau marketplace supaya orang lebih mudah menemukan website Anda.
7. Jalin Relasi
Cobalah membangun jaringan relasi di dunia online dan offline. Pada media online, Anda bisa menggunakan jaringan professional seperti LinkedIn atau media sosial seperti facebook dan twitter. Pada jaringan offline, Anda juga bisa memanfaatkan komunitas lokal di daerah Anda atau dengan pesaing bisnis Anda. Perlu diketahui meskipun kompetitor bisnis, Anda juga perlu membangun hubungan atau relasi yang baik.
8. Dapatkan Sebanyak Mungkin Rujukan
Senjata yang sangat ampuh untuk penjualan jasa atau layanan Anda biasa disebut rujukan dalam dunia bisnis. Makin banyak rujukan yang Anda miliki, makin tinggi nilai jual produk jasa atau layanan Anda. Anda dapat meyakinkan mereka dengan keunggulan jasa atau layanan Anda serta komisi penjualan dan bonus yang besar.
9. Bangun Kredibilitas
Penjualan jasa atau layanan lebih sensitif di mata pelanggan. Adanya sedikit saja berita yang kurang bagus akan berpengaruh pada penjualan. Parahnya lagi, jika berita tersebut menyebar dengan cepat ke calon pelanggan lain. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita membangun kredibilitas merek jasa atau layanan Anda sedini mungkin. Buatlah halaman “about us” yang berfungsi untuk meyakinkan dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya testimonial dari para pelanggan Anda. Cara ini efektif untuk membangun kredibilitas jasa atau layanan di website Anda.
10. Memberikan yang Terbaik
Seringkali kita membaca artikel yang meminta Anda untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Sudah biasa memang. Pada kenyataannya, layanan yang dapat menopang adalah mereka yang selalu memberikan pelayana terbaik pada pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus.
Sumber : mebiso.com