AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action) merupakan istilah yang sering muncul pada tiap aktivitas pemasaran digital. Istilah ini muncul terutama pada promosi produk ke pasaran.
1. Awareness (Kesadaran)
Pemasar hendaknya dapat membangung kesadaran dengan berbagai cara, salah satunya dengan memasang iklan produk di berbagai media sosial. Anda sebagai pemasar dapat mengunggahnya di laman blog, facebook, twitter, dan lain sebagainya.
2. Interest (Ketertarikan)
Ketertarikan terhadap produk oleh konsumen akan muncul setelah kita membangun kesadaran. Pemasaran secara offline dapat dilakukan oleh konsumen melalui datang ke pasar secara langsung. Sedangkan online konsumen dapat mencarinya via jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog dan lain-lain.
3. Desire (Keinginan)
Setelah konsumen tertarik, maka akan muncul keinginan untuk mencoba produk yang ditawarkan. Anda bisa menuliskan keterangan lengkap tentang produk pada sistem yang online.
4. Action (Tindakan)
Konsumen pada tahap ini akan membeli produk atau tidak. Ini merupakan tahap terakhir yang ditentukan oleh konsumen sendiri.
Sumber : www.dimakstrategy.com