10 Strategi Pemasaran Yang Efektif


Setiap usaha bisnis pasti memerlukan strategi marketing demi perkembangan usaha yang sedang dirintisnya. Tidak hanya usaha dalam skala besar, usaha kecilpun harus menyusun strategi pemasaran yang tepat. Menyusun strategi pemasaran dengan tepat berfungsi untuk menarik minat konsumen. Namun masalah yang sering dihadapi oleh bisnis kecil adalah anggaran biaya yang sedikit. Untuk menghadapi hal tersebut, maka bagi anda pelaku bisnis dalam skala kecil perlu melakukan pemasaran sekreatif mungkin. Anda bisa melakukan kerja sama dengan pengusaha atau rekan anda dalam hal pemasangan iklan, memberikan potongan harga, atau menyediakan paket pembelian tertentu. Bagi anda para pelaku usaha bisnis skala kecil, perlu memerhatikan beberapa hal dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif sebagai berikut. 

1. Konsistensi
Anda perlu menentukan area pemasaran yang akan anda jadikan tempat memasarkan produk. Lakukan pemasaran di area-area tersebut secara konsisten agar mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan keefektivitsan pembuatan merek produk di pasaran.

2. Perencanaan
Lakukan perencanaan konsep marketing meliputi strategi marketing, anggaran marketing, serta hal lain yang berkaitan dengan pemasaran.

3. Strategi
Setelah merencanakan konsep pemasaran, langkah selnjutnya yaitu menjalankan strategi yang sudah anda susun. Mulailah membidik siapa target pasar anda, bagaimana cara membidik pelnggan, dan memepertahankan pelanggan sebagai konsumen tetap.

4. Target Market
Tentukan pangsa pasar yang akan dimasuki produk anda. Pemilihan target pasar secara benar akan memudahkan anda dalam menjalankan bisnis.

5. Anggaran
Buatlah anggaran pemasaran secara hemat dan cerdas agar tidak terjadi pemborosan di kemudian hari. Anda bisa belajar pada ahli keuangan atau belajar secara otodidak dengan membaca referensi keuangan bisnis.

6. Marketing Mix
Pelaku usaha bisnis skala kecil perlu memikirkan tentang pemasaran produk. Dari mulai spesifikasi produk yang dipasarkan, penentuan harga, distribusi produk, dan tempat informasi bagi pelanggan untuk mendapatkan prodduk yang anda jual.

7. Website
Perkembangan internet mengalami kemajuan yang cukup pesat dan berdampak pada tiap bidang kehidupan tidak terkecuali bisnis. Saat ini bisnis apapun di dunia pasti memili sebuah website untuk memperkenalkan produk, menjual produk, dan berkomunikasi dengan konsumennya. Jadi bagi anda pelaku bisnis, gunakan website untuk mengoptimalkan bisnis anda.

8. Branding
Jangan lupa untuk membuat merek produk yang anda jual. Anda bisa  mendukung dengan membuat logo atau pengenalan gambar produk. Hal ini agar produk anda dapat diterima di masyarakat luas.

9. Promosi
Konsep marketing yang penting salah satunya adalah melakukan promosi dan iklan. Tidak hanya bisnis besar, bisnis skala kecilpun harus melaksanakan promosi maupun iklan dengan berbagai cara. Tujuan dari promosi dan pengiklanan yaitu agar merek produk anda makin eksis di masyarakat dan nantinya dapat diterima dengan baik.

10. Customer Relationship Management
Jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Anda bisa membuat kartu keanggotaan, potongan harga, atau ucapan tiap hari raya pada member anda. Komunikasi yang baik akan meningkatkan harmonisasi antara penjual dan pembeli.


Sumber : www.dimakstrategy.com

Related Posts

Load comments