Setiap entrepreneur pasti memimpikan memiliki startup yang sukses. Untuk meraih kesuksesan mereka menempuh dengan berbagai cara dan upaya. Walaupun cara yang dilakukan berbeda-beda, namun perlu kita jadikan sumber referensi untuk mendapatkan kesuksesan yang sepaadan.
Anda dapat membaca berbagai artikel tentang strategi digital marketing di internet. Perlu dipahami bahwa dalam memulai startup membutuhkan dana yang cukup banyak. Oleh karena itu dibutuhkan digital marketing sebagai solusi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan budget yang minimal. Digital marketing banyak digunakan oleh para startup yang ingin memasarkan produk dengan mendapatkan hasil maksimal dan budget yang minimal.
Tips Digital Marketing untuk Startup
1. Tetapkan Tujuan
Menentukan tujuan dalam digital marketing harus anda tentukan pertama kali. Tujuan yang anda ingin capai dapat diuraikan diantaranya, berapa banyak leads atau konversi yang ingin diraih, atau capaian banyaknya brand awarness. Rincikan tujuan anda sedetail mungkin.
2. Media Sosial
Anda bisa memasarkan produk dan layanan startup anda di media sosial. Media sosial jadi medium digital marketing yang efektif an terjangkau bagi para startup. Berikut adalah tips digital marketing yang khusus dijalankan di media sosial.
a. Semua Adalah Tentang Pelanggan
Apapun bisnis yang kita jalankan, pelanggan merupakan faktor terpenting kesuksesan bisnis yang kita kelola. Prioritas pelanggan juga sangat penting, oleh karena itu lakukan penelitian dengan sungguh-sungguh. Setelah itu, ciptakan konten untuk diunggah di media sosial. Dengan demikian pelanggan akan melihat bahwa startup anda adalah buah dari cerminan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
b. Konsisten
Konten yang anda unggah di media sosial harus konsisten, tidak berkurang dan akan lebih baik jika meningkat. Menjaga konsistensi dalam mengunggah konten mutlak dalam digital marketing lewat media sosial. Para pelanggan atau konsumen harus terus diberi pesan promosi produk atau layanan secara terus menerus dengan konten yang menarik, unik, dan punya keterikatan emosional kuat.
c. Keterikatan dengan Follower Social Media
Komunikasi kuat dan kontinyu dengan para pelanggan atau konsumen di media sosial adalah hal yang perlu anda utamakan. Selain itu, buatlah konten membangunkan antusias mereka, dan selalu libatkan mereka dalam komunikasi anda.
Komunikasi kuat dan kontinyu dengan para pelanggan atau konsumen di media sosial adalah hal yang perlu anda utamakan. Selain itu, buatlah konten membangunkan antusias mereka, dan selalu libatkan mereka dalam komunikasi anda.
Bagi anda para startup, pelanggan anda akan memberikan komplain, komentar, kritik dan saran jadi anda harus menerimanya, jangan takut. Dari komentar inilah para pelanggan, atau bahkan calon pelanggan melihat keseriusan Anda ketika menjalin komunikasi dengan para konsumen.
3. Mencoba Layanan Berbayar
Menggunakan layanan promosi berbayar merupakan cara yang dapat diterapkan dalam digital marketing. Layanan promosi berbayar diantaranya sebagai berikut FB Ads, Instagram, Twitter, Google Ads. Dengan menggunakan cara ini produk anda akan lebih dikenal masyarakat.
4. Konten Adalah Raja
Konten merupakan hal yang penting dalam digital marketing. Dalam menciptakan sebuah konten yang berkualitas, anda perlu melakukan penelitian secara berkelanjutan dan berkualitas. Konten dengan kualitas baik memiliki ikatan emosional dengan para pelanggan atau calon pelanggan Anda.
a. Fokus pada Konten yang Kuat
Konten yang kuat dibutuhkan untuk digital marketing anda. Konten yang kuat artinya konten tersebut memiliki pesan yang kuat untuk pelanggan anda. Untuk memperoleh konten yang kuat anda dapat melakukan penelitian singkat pada para pelanggan anda. Kemudian anda tonjolkan sisi manfaat produk startup anda.
b. Buat Konten yang Kreatif
Buatlah konten yang menarik. Konten yang manarik belum tentu mengeluarkan biaya yang mahal. Anda bisa membuat konten yang kreatif dengan cara bertanya pada reka kerja atau memanfaatkan sumber belajar lainnya.
c. Promosikan Konten
Mulailah mengiklankan, mengenalkan dan mempromosikan konten Anda melalui internet, seperti website, blogwalking, backlink, promosi di forum online, email marketing, chat (Whatsapp, Line, BBM), dan sosial media pastinya.
5. Komunitas atau Jaringan
Memiliki komunitas atau jaringan yang yang berkaitan dengan produk atau layanan startup Anda dapat menjadi salah satu kesuksesan digital marketing. Caranya Anda dapat menjalin komunikasi yang baik dalam komunitas, saling membangun keakraban dan memulai interaksi yang intim. Dengan begitu jaringan yang anda punya juga makin meningkat sehingga akan berpengaruh langsung pada pendapatan anda.
6. Evaluasi
Jika semua strategi digital marketing sudah anda laksanakan semua, tahap terakhir yang perlu anda lakukan adalah evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tujuan bisnis anda sudah tercapai atau belum.
https://www.dewaweb.com