6 Rahasia Mendapat Untung Jutaan dari Facebook Marketing dan Facebook Ads

Supaya iklan yang Anda tayangkan di Facebook mencapai hasil optimal, perlu memperhatikan beberapa faktor berikut ini dalam menjalankan kampanye iklan facebook:

     1.    Tujuan Iklan yang ingin di capai
Yang utama adalah tujuan anda ber-iklan harus jelas. Sebab berhubungan dengan strategi yang akan dijalankan. Apakah anda memasang iklan untuk menambah  jumlah �like� di fanpage? Atau anda hanya akan mengarahkan user lainnya untuk singgah ke website anda? Ataukah anda akan mengarahkan user ke halaman penjualan produk affiliasi anda?
      2.    Siapa Target Traffic
Siapa yang menjadi target iklan anda? Tentukan secara spesifik dan detail. Hal inilah keunggulan beriklan di facebook, anda bisa menguraikan secara detail siapa saja target iklan anda. Hal-hal yang dapat ditentukan menjadi target iklan anda bisa dari gender, lokasi, usia, tingkat pendidikan, ketertarikan dalam bidang tertentu, dan sebagainya. Usahakan Traffic tertarget dengan sangat jelas.

     3.    Desain Tampilan Iklan
Desain tampilan iklan anda haruslah dibuat semenarik mungkin. Buatlah judul yang menarik minat user untuk mengklik iklan anda, selanjutnya buat deskripsi iklan anda secara singkat dan jelas tapi tetap ada unsur curoisity, alamat tujuan (website) harus jelas dan terarah, gambar yang digunakan juga harus sesuai dengan produk atau jasa yang anda iklankan.

     4.    Biaya dan Penawaran Iklan
Aturlah biaya iklan anda. Anda dapat memulai mencoba melakukan eksperimen dengan iklan di facebook. Anda dapat mengontrol biaya iklan anda dengan menentukan jumlah maksimal setiap harinya (misalnya Rp 50.000,- per hari) atau menentukan biaya untuk jangka waktu tertentu (misal Rp 1.000.000,- per bulan). Setelah melakukan eksperimen, anda akan mendapat data mana iklan yang terbaik untuk kampanye produk/jasa anda. Ketika memasang iklan anda dihadapkan pada pilihan CPC (Cost Per Click) / bayar per klik atau CPM (Cost Per Thousand Impressions) / bayar per 1000 tampilan. CPC biasanya lebih efektif, jika iklan anda bertujuan untuk penjualan. CPC biasa digunakan pada bagian sebelah kanan beranda / marketplace facebook ads. CPM akan lebih baik, jika iklan anda bertujuan hanya untuk launching atau memperkenalkan produk/brand. CPM akan berhasil bila anda optimis iklan anda banyak yang akan mengklik. Gunakan CPM pada newsfeed. Iklan yang dipasang pada newsfeed biasanya lebih mahal harga penawarannya daripada di pasang pada sebelah kanan beranda/marketplace facebook ads. Sebab di newsfeed user akan langsung bisa melihat iklan anda. Sedangkan yang disebelah kanan beranda terkadang sebagia orang tidak mempedulikannya. Jangan terburu-buru memilih mana, akan menggunakan CPC atau CPM, lakukan tes terlebih dahulu dengan biaya minimal. Setiap iklan memperoleh hasil yang berbeda.

     5.    Jadwal Penayangan Iklan
Penayangan iklan anda di facebook lebih fleksibel. Anda dapat mengatur jadwal penayangan kampanye / iklan anda. Biasanya pemasang iklan lebih suka pada hari kerja atau pada saat dimana jumlah pengguna facebook yang aktif sedang tinggi-tingginya.

BACA: Mau Bisnis Online, Tapi Tidak Tahu Caranya? Temukan Idenya Disini

     6.    Analisis Iklan

Facebook memberikan rincian kerja dari iklan anda yang anda tayangkan, sehingga dengan mudah anda dapat melakukan analisis Tentuny hal tersebut akan membantu anda melihat hasil dan kekurangan iklan untuk kemudian memperbaikinya. Anda mempunyai kesempatan untuk memperbaiki kualitas mapun desain iklan anda. Tampilan iklan anda bisa dihentikan tanpa penundaan apabila anda akan memperbaikinya. Sehingga potensi keuntungan yang akan anda peroleh dari facebook ads dapat meningkat.

Related Posts

Load comments